TutorialWordPress

Cara Mengatasi Error “WordPress Stuck in Maintenance Mode”

Jika Anda pengguna WordPress, mungkin Anda pernah mengalami masalah di mana situs web Anda terjebak dalam Maintenance Mode. Hal ini dapat terjadi saat Anda sedang melakukan pembaruan situs web atau plugin, namun prosesnya tidak selesai dengan sempurna. Ketika situs web terjebak dalam Maintenance Mode, pengunjung tidak akan bisa mengakses situs Anda dan Anda pun tidak bisa mengakses dashboard WordPress Anda. Namun, jangan khawatir, ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini dan mengembalikan situs web Anda dalam kondisi normal.

Menghapus File .maintenance

Salah satu cara termudah untuk mengatasi WordPress yang terjebak dalam Maintenance Mode adalah dengan menghapus file .maintenance. File ini biasanya ditempatkan di dalam folder root WordPress Anda. Anda dapat menggunakan FTP atau File Manager di cPanel hosting Anda untuk menghapus file tersebut. Setelah file .maintenance dihapus, situs web Anda seharusnya kembali normal dan pengunjung bisa mengakses situs Anda seperti biasa.

Menonaktifkan Maintenance Mode Melalui wp-config.php

Jika Anda tidak menemukan file .maintenance di dalam folder root WordPress Anda, Anda juga bisa mencoba menonaktifkan Maintenance Mode melalui file wp-config.php. Caranya adalah dengan mengakses file wp-config.php melalui FTP atau File Manager, kemudian tambahkan kode berikut di bagian paling atas file tersebut:

define('WP_MAINTENANCE', false);

Simpan perubahan dan coba akses situs web Anda kembali. Jika semua berjalan lancar, berarti Maintenance Mode sudah dinonaktifkan.

Memeriksa Plugin yang Menyebabkan Masalah

Kadang-kadang, WordPress terjebak dalam Maintenance Mode karena adanya plugin yang bermasalah. Jika Anda baru saja melakukan pembaruan plugin sebelum situs web terjebak dalam Maintenance Mode, coba nonaktifkan plugin tersebut. Anda bisa melakukannya melalui FTP dengan mengubah nama folder plugin yang bersangkutan di dalam folder wp-content/plugins. Setelah itu, coba akses situs web Anda untuk melihat apakah masalah sudah teratasi.

Memperbarui WordPress dan Plugin

Untuk mencegah terjadinya masalah Maintenance Mode di masa depan, pastikan Anda selalu memperbarui WordPress dan plugin Anda secara berkala. Pembaruan tersebut biasanya mengandung perbaikan bug dan peningkatan keamanan yang dapat mencegah terjadinya masalah seperti WordPress terjebak dalam Maintenance Mode. Jadi, pastikan Anda selalu memeriksa pembaruan yang tersedia dan melakukan pembaruan dengan tepat waktu.

Menghubungi Dukungan Hosting atau Pengembang

Jika setelah mencoba semua langkah di atas masalah Maintenance Mode masih belum teratasi, Anda bisa menghubungi dukungan hosting Anda atau pengembang WordPress untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. Mereka biasanya memiliki pengalaman dan pengetahuan yang lebih dalam dalam menangani masalah teknis seperti ini dan dapat membantu Anda menyelesaikan masalah dengan cepat.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apakah Maintenance Mode sama dengan Error 503?

Tidak, Maintenance Mode dan Error 503 merupakan dua hal yang berbeda. Maintenance Mode adalah kondisi sementara di mana situs web sedang dalam proses pembaruan, sementara Error 503 menunjukkan bahwa server tidak dapat menangani permintaan HTTP.

Apakah Maintenance Mode berdampak buruk pada SEO?

Secara umum, Maintenance Mode tidak berdampak buruk pada SEO asalkan tidak terlalu lama. Namun, sebaiknya hindari Maintenance Mode yang terlalu sering atau terlalu lama agar tidak berdampak pada pengalaman pengguna dan peringkat SEO situs Anda.

Apakah saya kehilangan data saat mengatasi WordPress yang terjebak dalam Maintenance Mode?

Tidak, Anda tidak akan kehilangan data saat mengatasi masalah Maintenance Mode. Proses menghapus file .maintenance atau menonaktifkan Maintenance Mode tidak akan menghapus data situs Anda.

Bagaimana cara mencegah WordPress terjebak dalam Maintenance Mode di masa depan?

Untuk mencegah WordPress terjebak dalam Maintenance Mode, pastikan Anda selalu melakukan backup situs secara berkala, memperbarui WordPress dan plugin secara teratur, serta menghindari melakukan pembaruan saat trafik situs sedang tinggi.

Eliyanto Sarage

Dibalik setiap proyek terdapat cerita unik, dari konsep awal hingga hasil akhir yang menakjubkan, mencerminkan perjalanan kreatif yang penuh tantangan.

Artikel Terkait

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button