PengetahuanTeknologi

Eksperimen IDX: Pengembangan Full-stack & Multiplatform

Saat ini, mendapatkan aplikasi dari nol hingga produksi – terutama yang berfungsi dengan baik di platform seluler, web, dan desktop – dapat terasa seperti membangun mesin Rube Goldberg. Anda harus menavigasi lautan kompleksitas yang tak ada habisnya, merekam bersama tumpukan teknologi yang akan membantu Anda melakukan bootstrap, mengkompilasi, menguji, menyebarkan, dan memantau aplikasi Anda.

Sementara Google telah berupaya membuat pengembangan aplikasi multiplatform lebih mudah selama bertahun-tahun – dari Sudut dan Flutter untuk Google Cloud dan Firebase – rasanya seperti ada banyak lagi yang bisa kita lakukan untuk membuat seluruh alur kerja pengembangan aplikasi multiplatform lebih cepat dan lebih tanpa gesekan. Jadi beberapa bulan yang lalu, beberapa dari kami berkumpul dan mulai bereksperimen. Dan hari ini, kami senang berbagi pandangan yang sangat awal pada percobaan kami, yang kami panggil IDX Proyek.

image1

Project IDX adalah pengalaman pengembangan berbasis browser yang dibangun di Google Cloud dan didukung oleh Codey, model AI dasar yang dilatih tentang kode dan dibangun di atas PaLM 2. Ini dirancang untuk membuatnya lebih mudah untuk membangun, mengelola, dan menggunakan web tumpukan penuh dan aplikasi multi platform, dengan kerangka kerja dan bahasa yang populer. IDX Proyek juga dibangun di atas Kode OSS, jadi itu harus terasa akrab tidak peduli apa yang Anda bangun.

Sebagian besar mengapa kami berbagi IDX Proyek hari ini adalah kami ingin mendengar dari komunitas pengembang yang lebih luas tentang apa yang dapat membantu Anda bekerja lebih cepat. Sementara itu, inilah pratinjau apa yang mungkin hari ini dengan Project IDX.

Mulai bekerja dengan cepat, dari mana saja

Di jantung Project IDX adalah keyakinan kami bahwa Anda harus dapat berkembang dari mana saja, di perangkat apa pun, dengan kesetiaan penuh terhadap pengembangan lokal. Setiap ruang kerja Project IDX memiliki kemampuan penuh VM berbasis Linux, dipasangkan dengan akses universal yang disertakan dengan hosting di cloud, di pusat data di dekat Anda.

image4

Impor aplikasi Anda yang ada, atau mulai sesuatu yang baru

IDX Proyek memungkinkan Anda mengimpor proyek yang ada dari GitHub sehingga Anda dapat mengambil tepat di tempat yang Anda tinggalkan. Anda juga dapat membuat proyek baru, dengan templat yang sudah dipanggang untuk kerangka kerja populer, termasuk Angular, Flutter, Next.js, React, Svelte, Vue, dan bahasa seperti JavaScript, Dart, dan ( segera hadir ) Python, Go, dan banyak lagi. Kami juga secara aktif bekerja untuk menambahkan dukungan kelas satu untuk lebih banyak jenis dan kerangka kerja proyek. Jika Anda memiliki saran, kami akan menyukai umpan balik Anda yang menjadi dukungan tumpukan.

image5

Pratinjau aplikasi Anda di seluruh platform

Membuat aplikasi yang sukses hari ini berarti mengoptimalkan desain dan perilaku aplikasi Anda di seluruh platform, dan mempratinjau aplikasi Anda seperti yang akan dilihat pengguna Anda. Untuk mempermudah ini, Project IDX mencakup pratinjau web bawaan dan, segera hadir, emulator Android yang sepenuhnya dikonfigurasi dan simulator iOS tertanam, semuanya tersedia langsung di browser.

image3

Bantuan dari AI

Kami menghabiskan banyak waktu menulis kode, dan kemajuan terbaru dalam AI telah menciptakan peluang besar untuk membuat waktu itu lebih produktif. Dengan Project IDX, kami sedang mengeksplorasi bagaimana inovasi Google dalam AI — termasuk Codey dan model PaLM 2 memberi daya Studio Bot di Android StudioDuet di Google Cloud dan lebih banyak lagi – dapat membantu Anda tidak hanya menulis kode lebih cepat, tetapi juga menulis kode berkualitas lebih tinggi. Saat ini, Project IDX memiliki penyelesaian kode pintar, chatbot bantu, dan tindakan kode kontekstual seperti “ tambahkan komentar ” dan “ jelaskan kode ini ”. Kemampuan AI kami ada di masa-masa awal mereka, dan kami berupaya menjadikan IDX AI lebih baik dalam membantu Anda saat Anda bekerja.

image2

Terbitkan ke web dengan Firebase Hosting

Akhirnya, titik nyeri yang umum dalam membuat aplikasi Anda menjadi produksi adalah menyebarkannya. Kami telah membuat ini lebih mudah dengan mengintegrasikan Hosting Firebase, memungkinkan untuk menggunakan pratinjau yang dapat dibagikan dari aplikasi web Anda, atau digunakan untuk produksi dengan platform hosting yang cepat, aman, dan global, hanya dengan beberapa klik. Dan karena Firebase Hosting mendukung backend dinamis, ditenagai oleh Cloud Functions, ini berfungsi baik untuk kerangka kerja penuh seperti Next.js.

Mari kita membangun IDX Proyek bersama

Kami berbagi bagaimana kami berpikir Project IDX dapat mulai membuat pengembangan aplikasi multiplatform lebih baik, bersama dengan beberapa langkah yang telah kami buat di bidang ini. Tetapi kami baru saja di awal perjalanan ini untuk meningkatkan alur kerja pengembangan ujung ke ujung, dan kami hanya dapat memperbaiki visi ini dengan bantuan Anda. Jadi dengan itu, kami ingin berbagi versi awal IDX Proyek dengan Anda — tepi kasar dan semua — untuk mengulangi apa yang berfungsi dengan baik dan apa yang bisa lebih baik untuk alur kerja tim aplikasi Anda. Untuk bergabung dengan kami dalam perjalanan kami, kunjungi situs web kami untuk mendaftar dan menjadi salah satu yang pertama mencoba Project IDX.

Adapun apa yang berikutnya, kami terus berupaya menambahkan kemampuan baru dan mengatasi umpan balik Anda. Kami sudah mengerjakan fitur kolaborasi baru, karena kami tahu betapa pentingnya hal itu di dunia kerja hybrid ini, serta integrasi kerangka kerja yang lebih dalam dan AI yang lebih personal / kontekstual. Silakan bagikan permintaan fitur Anda dengan kami juga!

Source
Google for Developers

Eliyanto Sarage

Dibalik setiap proyek terdapat cerita unik, dari konsep awal hingga hasil akhir yang menakjubkan, mencerminkan perjalanan kreatif yang penuh tantangan.

Artikel Terkait

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button