Budaya

Sejarah Tari Lengger dari Wonosobo

Tari Lengger merupakan salah satu tarian tradisional yang berasal dari daerah Wonosobo, Jawa Tengah. Meskipun dianggap sebagai tarian yang sederhana, Tari Lengger memiliki sejarah yang sangat kaya dan memiliki nilai yang mendalam, baik dari segi seni, budaya, maupun religi. Tarian ini sering dipentaskan dalam berbagai acara seperti pernikahan, pesta adat, hingga acara religi di masyarakat Jawa Tengah. Dengan gerakan yang lincah dan ceria, Tari Lengger mampu memukau penonton dan menyampaikan pesan-pesan yang mendalam.

Asal Usul Tari Lengger

Tari Lengger memiliki sejarah yang panjang dan berasal dari berbagai pengaruh budaya yang ada di Jawa Tengah. Menurut beberapa ahli, Tari Lengger memiliki kemiripan dengan Tari Bedaya dari Keraton Yogyakarta yang juga memiliki gerakan yang lincah dan dinamis. Namun, ada juga yang menyebutkan bahwa Tari Lengger berasal dari Kabupaten Banjarnegara yang kemudian menyebar ke daerah Wonosobo.

Selain itu, ada juga yang berpendapat bahwa Tari Lengger berasal dari kisah legenda setempat yang menceritakan tentang seorang raja yang mencintai seorang putri yang sangat cantik. Putri tersebut kemudian menari dengan gerakan yang lembut dan lincah sebagai ungkapan rasa cintanya. Tarian tersebut kemudian dijadikan sebagai contoh gerakan untuk Tari Lengger yang sampai saat ini masih dipertahankan sebagai bagian dari tradisi masyarakat Wonosobo.

Filosofi Tarian

Tari Lengger tidak hanya sekedar tarian hiburan semata, namun juga memiliki filosofi yang dalam. Tarian ini melambangkan rasa syukur dan ketaatan manusia kepada Tuhan, serta penghargaan terhadap alam dan lingkungan sekitar. Hal ini dapat dilihat dari gerakan-gerakan yang lincah dan dinamis yang menyerupai gerakan alam semesta, seperti angin, air, dan api.

Selain itu, Tari Lengger juga mengandung pesan moral tentang nilai-nilai kehidupan yang harus dijunjung tinggi, seperti rasa saling menghormati, kekeluargaan, dan cinta tanah air. Hal ini sangat penting dalam menjaga harmoni dan kesatuan antar masyarakat di daerah Wonosobo.

Gerakan dan Musik Tari

Tarian Lengger ditandai dengan gerakan yang lincah dan dinamis, terutama gerakan tangan yang berirama dengan musik yang dimainkan. Dalam pertunjukan, Tari Lengger biasanya dipentaskan oleh dua orang penari yang saling bergantian melengkapi gerakan satu sama lain. Selain itu, ada juga penari yang memegang bebat atau sapu tangan sebagai aksesoris dalam tarian ini.

Sementara itu, musik yang digunakan dalam Tari Lengger adalah musik tradisional Jawa seperti gamelan, kecrek, dan suling. Musik tersebut sangat cocok dipadukan dengan gerakan tarian yang lincah dan dinamis, sehingga menciptakan harmoni dan keselarasan yang menarik untuk ditonton.

Penyebaran dan Perlindungan Tari Lengger

Tari Lengger sudah dikenal luas di seluruh wilayah Jawa Tengah dan bahkan sampai ke daerah-daerah lain di Indonesia. Tari ini juga sering dijadikan sebagai salah satu tarian yang dipertunjukkan dalam acara-acara besar di kabupaten Wonosobo, seperti Hari Jadi Wonosobo dan Pesta Rakyat Wonosobo.

Pemerintah dan masyarakat setempat juga sangat memperhatikan perlindungan dan pelestarian Tari Lengger. Hal ini ditunjukkan dengan adanya berbagai program dan kegiatan yang bertujuan untuk mempromosikan tarian ini, serta menjaga kelestariannya agar tidak hilang ditelan zaman.

Kesimpulan

Dari paparan di atas, dapat disimpulkan bahwa Tari Lengger merupakan satu dari sekian banyak kekayaan budaya Indonesia yang patut dijaga dan dilestarikan. Dengan memahami sejarah, filosofi, dan pesan yang terkandung di dalamnya, diharapkan masyarakat dapat semakin mencintai dan melestarikan tarian ini sebagai bagian dari identitas bangsa yang beragam.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apa saja manfaat dari Tari Lengger?

Tari Lengger memiliki banyak manfaat, baik secara fisik maupun psikologis. Secara fisik, tarian ini dapat meningkatkan fleksibilitas dan kelincahan tubuh. Sedangkan secara psikologis, Tari Lengger dapat meningkatkan kepercayaan diri, mengurangi stres, serta mengembangkan ekspresi dan kreativitas.

Bagaimana cara belajar Tari Lengger?

Untuk dapat belajar Tari Lengger, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Salah satunya adalah dengan mengikuti kursus atau les tari yang tersedia di beberapa tempat. Selain itu, dapat juga mempelajari gerakan-gerakan tari melalui video tutorial yang tersedia di internet.

Apa yang membuat Tari Lengger unik?

Tari Lengger memiliki keunikan tersendiri karena gerakan yang lincah dan dinamis, serta musik yang memukau. Selain itu, tarian ini juga mengandung nilai-nilai kehidupan dan filosofi yang mendalam, yang membuatnya lebih dari sekadar tarian hiburan semata.

Apa saja jenis Tari Lengger?

Tari Lengger memiliki beberapa jenis, di antaranya adalah Tari Lengger Putra, Tari Lengger Putri, Tari Lengger Beteng, dan Tari Lengger Asmarandana. Setiap jenis tari memiliki ciri khas dan makna yang berbeda, namun tetap memiliki kesamaan dalam gerakan dan musik yang digunakan.

Eliyanto Sarage

Dibalik setiap proyek terdapat cerita unik, dari konsep awal hingga hasil akhir yang menakjubkan, mencerminkan perjalanan kreatif yang penuh tantangan.

Artikel Terkait

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button